Cara Membuat Toko Online Sendiri 100% Gratis Selamanya

ika saat ini Anda memiliki dana yang minim untuk mulai menjual produk secara online, tapi ingin membuat toko online sendiri, maka Anda bisa menggunakan fasilitas pembuatan blog gratis dari Google yang sudah sangat terkenal yaitu Blogspot atau Blogger. Membuka toko online tidak harus memiliki produk sendiri. Anda bisa lihat di lingkungan sekitar Anda apakah ada yang bisa dijual secara online. Seperti teman saya yang membuka toko online dengan produk jamu yang dia beli dari perusahaan rumah tangga yang dekat dengan rumahnya. Kini omset perbulannya sudah mencapai rata-rata 250 juta/bulan. Padahal ia tidak memproduksi jamu tersebut, tetapi hanya menjualkannya. Berikut penjelasan tentang bagaimana cara membuat toko online sendiri.

A. Yang Dibutuhkan untuk Membuat Toko Online Gratis:

  1. Blog Dasar. Buatlah blog dasar dengan blogger dan beri judul blog dengan nama toko Anda
  2. Template Toko Online. Silahkan download gratis DI SINI (32 kb). Extract file tersebut sehingga Anda menemukan dua file dimana yang berextensi .xml  itulah template toko online gratis yang akan kita unggah dan gunakan nantinya.
  3. Kode Script. Simpan 3 kode: Postingan Produk dan Halaman Cara Pembelian yang bisa Anda copy DI SINI.

B. Cara Membuat Toko Online Gratis:

Setelah Anda memiliki ketiga hal tersebut di atas, sekarang saatnya Anda mulai membuat toko online gratis dengan beberapa setting di bawah ini. Silahkan Lihat Demo.
  1. Login kembali ke akun blogger Anda dengan menggunakan akun Gmail.
  2. Kemudian buka blog toko online yang sudah Anda buat dan bukalah menu: Template > klik tombolCadangkan/Pulihkan (pojok kanan atas) > lalu upload template dengan nama file: BukaBaju template.xml yang sudah Anda download sebelumnya. [klik foto untuk memperbesar]
    cara membuat toko online gratis dan mudah
  3. Buatlah sebuah postingan produk yang akan Anda jual dengan klik tombol Enteri baru > klik tombolHTML (sebelah kiri atas) > copy paste Kode Postingan Produk. Untuk melihatnya dalam bentuk aselinya (bukan berbentuk kode), klik tombol Compose > Beri label produk Anda di sebelah kanan artikel dengan dipisah koma. Tujuannya agar nanti kita bisa membuat menu kategori yang ketika pengunjung klik menu sepatu misalnya, maka semua produk yang diberi label sepatu akan muncul >Publikasikan. Untuk mengganti foto, cukup hapus foto sepatu tersebut, kemudian upload produk Anda dengan klik icon gambar foto yang ada di menu atas samping tulisan Link. [klik foto untuk memperbesar]
    cara membuat web toko online gratis dan keren
  4. Sekarang Anda bisa melihat halaman depan toko online Anda sudah jadi. Agar lebih tertata rapi, silahkan hapus menu-menu yang tidak perlu seperti: template followers, arsip blog dan sebagainya dengan cara klik menu: Tata Letak > Klik Edit pada menu yang akan dihapus > klik tombol Hapus. Lakukan satu persatu hingga habis. [klik gambar untuk memperbesar]
    cara membuat toko online gratis selamanya
  5. Sekarang halaman depan Anda sudah rapi dan sudah ada satu produk dengan tampilan yang keren. Tapi ketika membuka produk tersebut dan kita klik tombol Pesan Sekarang, belum mengarah ke halaman cara pembelian seperti yang kita inginkan. Oleh karena itu kita harus membuat halamannya dengan cara klik tombol kertas (menu paling atas), lalu buat judul halaman: “Cara Pembelian” > isi konten > Publikasikan > Arahkan kursor di bawah judul Cara Pembelian > klik tulisan Lihat sehingga terbuka halaman tersebut > copy alamat halaman Cara Pembelian yang muncul yang terdapat di kolom browser atas.
    cara membuat web toko online
  6. Kemudian buka menu Template > Edit HTML > tekan CTRL + F pada keybord > ketik: “pesan produk”. Ganti alamat halaman bawaan menjadi halaman yang sudah Anda copy alamatnya pada langkah 5.
    cara membuat web toko online step 5
  7. Langkah terakhir adalah dengan mengganti navigasi menu yang berada di atas (Home dkk) agar ketika diklik, maka akan muncul daftar produk sesuai label atau kategori. Masih sama dengan cara ke 6, hanya ganti kata di kolom pencarian menjadi: Aksesoris. Setelah ketemu ganti tanda # dengan URL Kategori Produk dan Ganti Aksesoris menjadi kategori produk Anda. Sebagai contoh silahkan lihat di bawah ini:
    cara membuat web toko online step 6
    Note: Anda bisa mengganti semua kategori yang sudah ada di bawahnya sesuai dengan kategori produk toko online Anda. Selesai. Selanjutnya Anda tinggal buat postingan baru untuk memasukkan semua produk jualan Anda.

Artikel Terkait:

0 Response to "Cara Membuat Toko Online Sendiri 100% Gratis Selamanya"

Posting Komentar